Detail Cantuman Kembali

XML

Komik Manga Sejarah Kristen : Dari Janji Keselamatan Hingga Runtuhnya Bizantium.


Inilah sejarah gereja Kristen dalam bentuk komik manga. Komik ini adalah salah satu contoh bagaimana menyampaikan iman Kristen untuk masyarakat non Barat terutama untuk golongan masyarakat berusia muda (termasuk anak-anak).
Dengan begitu, komik ini dapat dikatakan sebagai media paling canggih dalam zamannya untuk mengomunikasikan iman Kristen. Tentu harapannya adalah agar para pembaca, yaitu terutama kaum muda dan anak-anak, dapat lebih tertarik dengan iman kristen yang dipeluk dan diperjuangkan oleh sepanjang zaman, seperti yang digambarkan dalam komik ini. Komik ini bermaksud menyajikan sejarah gereja Kristen dalam bentuk komik Manga. Sejarah tersebut diupayakan cukup mendetail, sementara di beberapa bagian menekankan bagian-bagian atau tokoh-tokoh tertentu yang dianggap banyak berperan.
Karena ditulis untuk masyarakat non-Barat, komik ini adalah salah satu contoh bagaimana menyampaikan iman Kristen untuk masyarakat non Barat terutama untuk golongan masyarakat berusia muda (termasuk anak-anak). Dengan begitu, komik ini dapat dikatakan sebagai media paling canggih dalam zamannya untuk mengomunikasikan iman Kristen. Tentu harapannya adalah agar para pembaca, yaitu terutama kaum muda dan anak-anak, dapat lebih tertarik dengan iman Kristen yang dipeluk dan diperjuangkan oleh orang sepanjang zaman, seperti yang digambarkan dalam komik ini.
Komik manga memiliki kelebihan sendiri. Selain atraktif, ia juga mudah dipahami, terutama oleh anak-anak.

Buku ini sebenarnya merupakan bagian pertama dari suatu seri yang berkisah mengenai sejarah gereja Kristen. Dalam bagian pertama ini, terdapat 6 bab. Setiap bab terdiri dari beberapa subbab. Walaupun demikian, subbab-subbab tersebut sama sekali tidak bersifat kaku, karena karakter dari komik itu sendiri. Walaupun demikian, pembagian atau peralihan antarbab cukup jelas dan tegas.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bab I menggambarkan bukan hanya hal-ihwal terkait dengan Yesus, tetapi juga dengan peristiwa-peristiwa pokok dalam Perjanjian Lama. Lalu, setelah peristiwa-peristiwa penting dalam Perjanjian Baru, bab ini langsung masuk ke dalam zaman penganiayaan awal pada masa Kaisar Nero.

Bab II mencakup masa-masa penganiayaan yang lebih panjang, yaitu setelah masa Kaisar Nero sampai pada masa sesaat sebelum agama Kristen diterima oleh kaisar Romawi. Dengan gambar-gambar yang atraktif, bab ini menceritakan 2 orang martir besar, yaitu Polikarpus dan Sebastianus. Polikarpus adalah seorang bapa gereja dan uskup, sementara Sebastianus adalah seorang prajurit Romawi.

Bab III memperlihatkan bagaimana Kaisar Konstantinus mulai menerima agama Kristen dalam wilayah kekaisarannya. Di samping kejadian penting ini, ada juga 2 kejadian penting lain yang digambarkan cukup panjang, yaitu perpisahan Gereja Barat dan Timur, serta kehidupan seorang Bapa Gereja yang besar, yaitu Agustinus. Di samping mendetail, penggambaran mengenai kehidupan Agustinus sangat menarik.

Bab IV adalah bab yang memiliki subbab yang paling banyak dalam komik ini. Ini karena bab tersebut menceritakan banyak peristiwa. Semua peristiwa tersebut berkisah mengenai awal kehidupan atau zaman Abad Pertengahan, sampai menjelang puncaknya pada awal milenium kedua (abad ke-11). Kisah-kisah dalam bab ini banyak yang belum diketahui oleh banyak orang. Namun, peristiwa tersebut sangat informatif dan penting dalam perkembangan sejarah selanjutnya. Semuanya dituturkan dengan menarik dan gamblang.

Bab V mendeskripsikan peristiwa perang salib (tahun 10951291). Sama seperti Bab IV, isi bab ini pun masih banyak yang belum diketahui banyak orang. Dengan begitu, selain informatif, bab ini pun mengajak pembaca berpetualang secara visual ke masa-masa yang cukup menarik ini, terutama bagaimana kisah mengenai para tentara salib pergi ke Timur Tengah.

Bab VI berisi beberapa subbab dan menjadi bab yang paling panjang halamannya. Dari beberapa kisah, ada kisah mengenai Fransiskus dari Asisi yang sangat inspiratif. Visualisasi yang menarik membuat kisah Fransiskus ini benar-benar memikat.
Di bagian akhir buku, penyusun menyediakan semacam kesimpulan dan kronologi. Lalu, ada juga semacam daftar pustaka.


Masakazu Higuchi
Higuchi, Masakazu - Personal Name
Cetakan 1
270 Mas K
978-9796-8763-58
270
---
Text
Indonesia
BPK Gunung Mulia
2009
Jakarta
vi + 258 hlm. ; 21 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...