Detail Cantuman Kembali

XML

Panduan Perkunjungan : Sub Bidang Pembinaan Warga Gereja - Sinode GKY.


Pelayanan perkunjungan adalah pelayanan yang tidak bisa dipisahkan dari pelayanan gerejawi. Pelayanan ini mewujudkan kehadiran serta pemeliharaan Allah terhadap umat yang dikasihi-Nya. Dalam Perjanjian Lama, Kitab Yehezkiel 34 memaparkan bahwa Allah murka kepada para pemimpin Israel karena mereka "sibuk menggembalakan dirinya sendiri dan menelantarkan domba-dombanya, umat Israel".

Dalam Perjanjian Baru, Tuhan Yesus memberi teladan bagaimana Ia melayani sebagai seorang Gembala yang baik. Dalam Yohanes 10, digambarkan gembala yang baik adalah yang mengenal domba-dombanya, menuntun mereka, dan domba-dombanya mengenal dan mendengarkan suaranya. Ia menjaga dan membela mereka terhadap serigala-serigala dengan taruhan nyawanya.

Dari sini jelas, dalam seluruh Alkitab, baik Perjanjian Lama mau pun Perjanjian Baru pelayanan pastoral merupakan pelayanan yang dilakukan oleh Allah terhadap UmatNya, dan sebaliknya Allah menghendaki agar umat-Nya melakukannya juga. Mengenal, memperhatikan, memelihara, menuntun domba itulah pelayanan perkunjungan.

Tugas gereja selain mengabarkan Injil, membawa manusia berdosa diselamatkan masuk menjadi umat Allah, gereja juga dipanggil untuk memberi pelayanan pastoral ini, yaitu perkunjungan kepada jemaat-Nya untuk mewujudkan kasih dan lawatan Allah bagi umatNya.

Pdt. Joni Sugicahyono
Sugicahyono, Joni - Personal Name
Cetakan 1
253 Jon P
---
253
---
Text
Indonesia
Sinode GKY
Juni-2012
Jakarta
30 hlm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...