Detail Cantuman Kembali

XML

Tafsiran Alkitab : Kitab Yesaya Pasal 40-55.


Buku ini mengangkat pokok-pokok teologis yang mendasar di sepanjang Perjanjian Lama. Di dalam jilid pertama ini tema-tema yang diangkat adalah: penciptaan, leluhur Israel, peristiwa Keluaran dan pengembaraan di padang gurun, serta penyataan di Sinai dan pemberian hukum Taurat. Semua pokok tersebut diulas dengan memperhatikan perkembangan mutakhir dalam ilmu teologi.

Buku ini merupakan hasil revisi (yang cukup besar) atas buku yang berjudul sama, yakni Teologi Perjanjian Lama jilid 1 yang terbit pertama kali pada tahun 1970. Karena itu, buku ini disebut Edisi Baru.
Buku ini memaparkan pokok-pokok teologis apa saja yang muncul khususnya dalam kelima kitab Taurat (Pentateukh). Secara garis besar, pokok-pokok teologis tersebut adalah:
1. Allah menciptakan langit dan bumi
2. Allah memilih para leluhur Israel
3. Allah membawa Israel keluar dari Mesir
4. Allah membimbing umat-Nya di padang gurun
5. Penyataan di Sinai
Pokok-pokok ini memang sejajar dengan garis besar terbentuknya dan perjalanan umat Israel. Namun, yang menjadi titik berat bukanlah sejarah umat Israel, melainkan bagaimana umat itu memahami kehendak Allah dalam perjalanan sejarahnya.
Buku ini menggali dan mengangkat ide-ide atau konsep-konsep teologi apa saja yang berkembang dalam kehidupan umat Israel sepanjang masa itu.

Marie Claire Barth Frommel, M. Th.
Barth, Marie Claire - Personal Name
Cetakan 6
224 Fro K 40-55
978-9796-8749-89
224
Tafsiran Alkitab.
Text
Indonesia
BPK Gunung Mulia
2007
Jakarta
356 hlm. ; 21 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...